Minggu, 13 Januari 2019

HASIL OLAHAN TANAMAN TIN DESA KARANGSNETUL

KIM Sentul Mandiri - Sejak awal tahun 2006, pohon tin menjadi primadona di Desa Karangsentul. Awalnya, prospek budidaya mengarah ke produksi bibit, namun belakangan ini kami Kelompok Sentul Mandiri mulai mengolah daun dan buahnya menjadi sumber pangan yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh.
Daun dan buah tin dipercaya memiliki khasiat yang tak sedikit. Berbagai penelitian menyebutkan buah tin kaya antioksidan sehingga cocok untuk menjaga stamina tubuh. Sedangkan daun tin, dapat diolah menjadi teh untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan.
Khasiat tersebut tak hanya berasal dari satu varietas tin, tapi hampir seluruhnya. Mulai dari yang paling jamak dibudidayakan, yakni green jordan, purple jordan, dan brown turky hingga khurtmani (red turky), osborn prolifik, red palestine, dan sultan. Salah satu produsen olahan buah tin di Desa Terate Kecataman Gondangwetan memproduksi olahan tin sejak empat bulan terakhir.
Sebelumnya, kami lebih fokus memperbanyak bibit lantaran permintaan yang tinggi. Namun, peluang tersebut akhirnya ia lakukan sembari tetap menjalankan bisnis jual beli bibit.
“Buah tin dapat dimakan langsung, dikeringkan, dan diolah menjadi berbagai produk makanan. Buah yang dipetik harus segera dimanfaatkan karena tidak dapat disimpan lama karena mudah rusak. Kami memilih mengolahnya jadi berbagai jenis makanan agar lebih awet,” kata Bapak Dwi Hermansyah selaku pembudi daya dan SekDes Karangsentul
Saat ini, warga Dusun Terate RT.002 RW.008 Desa Karangsentul, Kecamatan Gondangwetan itu memiliki 150an batang tin. Dari ratusan batang tersebut per bulannya ia mampu memproduksi teh daun tin sebanyak 10-15 kg.
Kendati berskala kecil, dikarenakan kemampuan produksi tersebut bergantung pada bahan baku yang ada. Untuk memperbanyak pasokan bahan baku, kami bekerja sama dengan warga sekitar untuk ikut menanam di rumahnya masing-masing yang mendapat hibahan bibit dari Kepala Desa Karangsentul.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Social Media

Total Tayangan Halaman