Selasa, 05 Februari 2019

MANFAATKAN HARI LIBUR, PERANGKAT DESA KARANGSENTUL LAKUKAN PEMBASMIAN


Siapa yang tidak jengkel melihat rumput liar tumbuh subur di halaman? Selain merusak keindahan halaman, adanya si gulma ini sering menganggu tanaman hias. Muncul pertanyaan, bagaimana cara membasmi rumput liar agar tidak tumbuh lagi?
Begitu pula di halaman Balai Desa Karangsentul banyak tumbuh rumput liar yang mengganggu keindahan halaman sekitar Balai Desa Karangsentul
Selasa pagi (5/2/2019) tepatnya hari libur nasional dalam rangka memperingati Tahun Baru Imlek, perangkat Desa Karangsentul berkumpul untuk melakukan pembasmian tanaman gulma tersebut, dengan harapan Kantor Balai Desa Karangsentul bisa lebih bersih.
Untuk mematikan rumput liar dengan racun herbisida. Dewasa ini banyak nama obat pertanian pengendali gulma yang diklaim terbaik. Penggunaan obat pembunuh rumput ini cukup ampuh, terbukti rumput cepat menguning lalu mati.
Kita hanya perlu menyemprotkan obat racun herbisida pembasmi rumput liar, tunggu beberapa hari hingga rumput mati. Selanjutnya tinggal dicabut/ dicangkul hingga sisa rumput termasuk akar terangkat. dan terakhir membuang akar rimpang jauh jauh, kalau perlu dibakar agar tidak bisa tumbuh lagi.
Untuk hasil yang permanen penyemprotan dilakukan beberapa kali. Hal ini bertujuan agar sisa akar tidak sempat berkembang biak. Jika dilakukan dengan telaten, setelah 3-4 x pencabutan pastinya rumput liar tidak tumbuh lagi.
"Saya harap Balai Desa kita bersih, dan senantiasa kita tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar", ujar Ibu Kepala Desa Karangsentul Astri Diah Rahmawati, Amd.KL,SH Setelah halaman Balai Desa Karangsentul bersih bebas dari rumput liar, rencananya akan ditanami rumput hias. Dengan begitu walau masih ada akar rimpang rumput liar, pasti akan kalah dengan rumput hias. Hasilnya halaman Balai Desa bisa terlihat lebih hijau dan indah untuk di pandang.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Social Media

Total Tayangan Halaman